Selasa, 15 Maret 2016

Pengantar Linguistik Fungsi Bahasa menurut Jakobson



Fungsi Bahasa menurut Roman Jakobson dan Contohnya

1.      Emotive speech
yaitu bahasa yang digunakan dalam mengungkapkan/menyatakan perasaan manusia (tuturan emosi/ekspresi diri). Contohnya : menyatakan emosi dalam lisan atau tulisan “aku gembira”.

2.      Phatic speech
yaitu bahasa yang digunakan dalam menyapa untuk memelihara hubungan sosial atau mempersatukan anggota masyarakat. Contohnya : berkomunikasi dengan seseorang menggunakan basa-basi untuk menjaga hubungan sosial antarmanusia.

3.      Cognitive speech
yaitu bahasa yang digunakan untuk menginformasikan sesuatu. Contohnya : saat dosen menjelaskan dalam kelas untuk menginformasikan ilmu mata kuliah tertentu.

4.      Rhetorical
yaitu bahasa yang digunakan dalam mempengaruhi atau memotivasi dan mengondisikan pikiran dan tingkah laku mitra tutur (orang yang diberi tuturan oleh penutur). Contohnya : saat dosen memberi nasihat disela-sela perkuliahan dan saat orang tua memberi motivasi kepada anaknya.

5.      Metalingual speech
yaitu bahasa yang digunakan dalam membicarakan bahasa/kode komunikasi dengan bahasa tertentu. Contohnya : ketika mahasiswa mempelajari bahasa (linguistik) dengan menggunakan bahasa Indonesia.

6.      Poetic speech
yaitu bahasa yang digunakan dalam mengungkapkan nilai estetika (keindahan). Contohnya : mengungkapkan rasa kagum saat melihat keindahan karya misalnya lukisan, menulis atau membacakan puisi, dan menulis atau membaca cerpen, novel, cerkak, cermis, derung, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar